3 Tim Asal Indonesia Masuk Organisasi Esports Terpopuler Tahun 2021

Di tahun 2021, turnamen esports sudah tak lagi terjebak dalam format online. Beberapa titel game besar menghelat turnamen offline besar-besaran meski belum bisa menampung semua antusias penonton.

Keberhasilan menyelenggarakan event offline jadi pemicu popularitas bagi tim-tim esports berikut yang sukses menuai prestasi. Tak cuma menarik pusat perhatian jutaan pasang mata, tim-tim ini juga jadi organisasi esports terpopuler sepanjang tahun 2021. Diantara 10 tim ini, ada ONIC, RRQ dan EVOS Esports yang punya fanbase masif di Indonesia.

ONIC Esports berada di urutan ke-10 sebagai tim atau organisasi esports terpopuler di tahun 2021. Selain punya dua cabang tim MLBB di Indonesia dan Filipina, ONIC juga cukup mentereng di titel game FPS anyar, Valorant.

Keberhasilan ONIC menjuara MPL Season 8 dan MPLI 2021 berkontribusi pada lonjakan penonton yang menyaksikan ONIC berlaga. Belum lagi tim ONIC PH yang berhasil masuk final M3 meski kalah melawan rival senegaranya, Blacklist International. ONIC PH juga mencetak rekor viewer M World Series sebanyak 3,19 juta peak viewers di laga semi final upper bracket kontra RRQ Hoshi.

RRQ berada di peringkat ketujuh sebagai tim/organisasi esports terpopuler tahun 2021. Meski punya banyak divisi seperti PUBG M, Wild Rift dan Valorant, Mobile Legends adalah primadona yang mengantarkan RRQ Hoshi sebagai tim penyumbang viewers besar.

Seperti disebutkan salah satunya adalah laga melawan ONIC PH di M3 lalu yang menembus 3,19 juta peak viewers. Rata-rata jumah penonton RRQ mencapai 1,1 juta viewers dengan total hours watched sebanyak 84,86 juta jam.

Terakhir, EVOS Esports juga jadi organisasi esports terpopuler ke-6 di tahun 2021. Meski gagal bersinar di MPL Season 8 dan cuma jadi juara ketiga, divisi MLBB EVOS yakni EVOS Legends berhasil mencatatkan peak viewers sebesar 2,39 juta di laga final lower bracket melawan ONIC Esports.

Selain Mobile Legends, EVOS Esports juga punya beberapa divisi seperti PUBG Mobile, Arena of Valor, Free Fire dan Wild Rift.

Berikut adalah daftar lengkap organisasi esports terpopuler 2021 versi escharts.com!

10. ONIC Esports
9. Gambit Esports
8. Fnatic
7. Rex Regum Qeon
6. EVOS Esports
5. G2 Esports
4. Damwon Gaming KIA
3. T1
2. Natus Vincere
1. Team Liquid

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *