Intel Indonesia Luncurkan Prosesor 13th Gen Intel® Core™ Mobile

Intel Indonesia hari ini meluncurkan prosesor 13th Gen Intel® Core™ mobile terbaru yang menghadirkan kinerja dan pengalaman yang unggul dalam platform mobile (15/6). Bertempat di Shangri-La Hotel, Jakarta, Intel juga memperkenalkan proseor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable (nama kode Sapphire Rapids) yang dirancang untuk data center modern, AI, cloud, jaringan dan edge, serta superkomputer.

Intel juga mengumumkan ketersediaan lebih dari 40 desain laptop yang menggunakan 13th Gen Intel® Core™ dari brand-brand terkemuka seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo dan MSI – dengan harga mulai dari Rp10.000.000++.

Keluarga 13th Gen Intel® Core™ Processor

  • Kepemimpinan Prosesor 13th Gen Intel® Core™ Desktop Berlanjut dengan Hadirnya Keluarga Baru: Pada Desember 2022 lalu, Intel meluncurkan keluarga prosesor 13th Gen Intel® Core™ dengan peluncuran prosesor desktop “K” yang sudah unlocked di Indonesia, termasuk prosesor desktop tercepat di dunia1: 13th Gen Intel® Core™ i9-13900K. Melengkapi keluarga prosesor desktop 13th Gen, SKU 35 watt dan 65 watt yang baru ini memberikan lebih banyak pilihan kepada pengguna PC mainstream untuk efisiensi daya, sambil tetap memberikan performa luar biasa dalam gaming, berkreasi, dan produktivitas.
  • Prosesor 13th Intel® Core™ H-series Menghadirkan Performa Mobile Terdepan di Industri: Intel terus mendorong batas-batas performa dan memperluas peluang komputasi bagi para gamer dan kreator dengan peluncuran prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-series mobile, yang meliputi prosesor 24-core pertama untuk laptop – flagship Intel Core i9-13980HX, prosesor mobile tercepat di dunia2. Ketika dikombinasikan dengan fitur unik seperti dukungan untuk memori DDR4 dan DDR5, konektivitas terbaik di kelasnya dan PCIe Gen 5, prosesor 13th Gen HX menghadirkan platform game mobile terbaik di dunia3. Dan dengan jumlah desain laptop HX yang ditenagai prosesor 13th Gen Intel® Core™ mobile jumahnya lima kali lebih banyak dibandingkan dengan yang menggunaan prosesor 12th Gen, pengguna dapat memilih di antara 60 desain HX untuk melakukan streaming, berkreasi, dan bersaing di level tertinggi.
  • Prosesor 13th Gen Intel® Core™ P-series dan U-series Memperluas Performa Luar Biasa ke Laptop Thin-and-Light: Intel juga memperkenalkan prosesor 13th Gen Intel® Core™ P-series dan U-series mobile, yang sempurna untuk mereka yang menginginkan performa tinggi saat bepergian, dengan sistem-sistem yang ramping dan tipis. Untuk pertama kalinya, desain tertentu berbasis prosesor 13th Gen Intel® Core™ akan menampilkan Intel® Movidius vision processing unit (VPU). Sebagai hasil dari kreasi yang erat dengan Microsoft di Windows Studio Effects barunya, berbagai task yang sangat mengandalkan AI dan diperlukan untuk kolaborasi dan streaming tingkat professional dapat dipindahkan ke VPU, sehingga CPU dan GPU bisa berfokus pada beban-beban kerja lain atau multitasking.

Prosesor 13th Gen Intel® Core™ mobile yang baru meningkatkan kinerja untuk para enthusiast design generasi berikutnya, laptop thin-and-light, foldable, 2 and 1, serta form factor lainnya. Untuk IoT edge, prosesor 13th Gen Intel® Core™ menghadirkan beragam fitur industri yang baru, temperature operation yang lebih luas, dan CPU berperforma lebih tinggi, dengan lebih banyak kemampuan grafis dan performa AI. Ideal untuk sektor retail, pendidikan, kesehatan, kedirgantaraan, industri, dan smart city, prosesor baru ini memberikan konsolidasi beban kerja yang lebih baik berkat core dan thread yang lebih banyak, sehingga memungkinkan berbagai aplikasi berjalan di satu perangkat.

Desain Intel Evo Baru Menampilkan Daya Tahan Baterai yang Lebih Lama dan Pengalaman-Pengalaman Penting

Intel terus meningkatkan standar untuk laptop dan form factor mobile lainnya dengan spesifikasi laptop Intel® Evo™. Dengan spesifikasi yang baru, desain Intel Evo dengan prosesor 13th Gen Intel® Core™ menghadirkan tiga pengalaman penting:

  • Performa mobile tanpa kompromi: Diverifikasi untuk menghadirkan responsivitas yang konsisten ketika tidak terhubung ke colokan listrik, daya tahan baterai actual yang lebih lama, instant wake, dan pengisian daya cepat.
  • Kolaborasi cerdas: Konferensi video yang superior dengan memanfaatkan teknologi seperti Intel® Connectivity Performance Suite dan Intel® Bluetooth® LE Audio.4
  • Intel® Unison pada desain-desain yang memenuhi syarat: Pengalaman multidevice yang mulus memungkinkan pesan teks, panggilan telepon, notifikasi telepon, dan transfer file dari PC Anda ke ponsel yang mendukung Android atau iOS.5

Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable

Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable terbaru menghadirkan kinerja terdepan dengan akselerator built-in paling banyak dari CPU manapun di dunia untuk mengatasi berbagai tantangan komputasi terpenting yang dihadapi para pelanggan dalam AI, analitik, jaringan, keamanan, penyimpanan, dan komputasi performa tinggi. Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable juga merupakan prosesor data center Intel yang paling berkelanjutan, dengan menghadirkan berbagai fitur untuk mengoptimalkan daya dan kinerja, sehingga sumber daya CPU menjadi lebih optimal untuk membantu para pelanggan mencapai sasaran keberlanjutan mereka.

Tidak seperti prosesor data center lainnya yang ada di pasar dan yang sudah digunakan pelanggan saat ini, keluarga prosesor 4th Gen Intel® Xeon® memperluas strategi dan pendekatan Intel yang memfokuskan pada tujuan tertentu dan sangat memperhatikan beban kerja.

Ketika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, para pelanggan 4th Gen Intel® Xeon® dapat meraih peningkatan efisiensi kinerja per watt rata-rata sebesar 2,9x6 untuk beban kerja yang ditargetkan saat menggunakan akselerator built-in, penghematan daya hingga 70 watt7 per CPU dalam power mode yang dioptimalkan dengan kehilangan performa minimal, dan biaya total kepemilikan (total cost of ownership/TCO) 52% hingga 66% lebih rendah.8 Sebagaimana hasil pengujian head-to-head terkini terhadap prosesor pesaing yang sebanding, pada beban kerja yang paling penting bagi pelanggan, seperti database, jaringan, dan penyimpanan, Xeon unggul dengan mudah dengan menghadirkan performa CPU yang lebih besar, performa per watt yang lebih tinggi, TCO yang lebih rendah secara keseluruhan.

  • Keberlanjutan: Luasnya akselerator built-in di dalam 4th Gen Intel® Xeon® mengindikasikan bahwa Intel memberikan penghematan daya pada tingkat platform, sehingga mengurangi kebutuhan akan akselerasi discrete tambahan dan membantu para pelanggan untuk mencapai tujuan keberlanjutan mereka. Lebih jauh, para pelanggan akan mendapatkan benefit keberlanjutan yang penting dalam bentuk pengurangan jumlah server, penggunaan fleet power, dan emisi CO2.
  • Kecerdasan Buatan: Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® mencapai inferensi real-time PyTorch hingga 10x lebih tinggi9,10 dan kinerja pelatihan dengan akselerator Intel® Advanced Matrix Extension (Intel® AMX) built-in. Dengan penyediaan software suite AI dari Intel, para developer dapat menggunakan tool AI pilihan mereka, sekaligus meningkatkan produktivitas dan mempercepat waktu pengembangan AI. Perangkat software ini portable dari workstation, dan telah divalidasi dengan lebih dari 400 model machine learning dan model deep learning AI di seluruh contoh kasus AI di setiap segmen bisnis.
  • Networking: Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® secara khusus dioptimalkan untuk jaringan berperforma tinggi, berlatensi rendah, dan beban kerja edge. Prosesor ini merupakan bagian penting dalam fondasi untuk mendorong masa depan yang lebih diatur oleh software di berbagai industri, mulai dari telekomunikasi dan retail hingga manufaktur dan smart city. Prosesor ini memberikan kapasitas jaringan virtualized radio access network (vRAN) hingga dua kali lipat tanpa meningkatkan konsumsi daya. Hal ini memungkinkan penyedia layanan komunikasi menggandakan performa per watt untuk memenuhi kebutuhan kinerja yang sangat penting, peningkatan kapasitas layanan, dan efisiensi energi.
  • Platform Xeon Paling Kaya Fitur dan Aman: Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® terbaru menghadirkan fitur-fitur baru termasuk peningkatan bandwidth memori dengan DDR5, peningkatan bandwidth I/O dengan interkoneksi PCIe5.0 dan Compute Express Link (CXL) 1.1. Intel menghadirkan portofolio komputasi confidential yang paling komprehensif dari semua penyedia silikon data center di industri ini. Intel juga tetap menjadi satu-satunya penyedia silikon yang menawarkan isolasi aplikasi untuk komputasi data center dengan Intel® Software Guard Extensions (Intel® SGX). Dan akhirnya, arsitektur modular dari prosesor 4th Gen Intel® Xeon® memungkinkan Intel memberikan penawaran jajaran prosesor yang lebih luas di hampir 50 SKU yang ditargetkan untuk berbagai kasus penggunaan atau aplikasi pelanggan.

Simon Chan, Managing Director, Sales, Marketing & Communications Group, Intel – Southeast Asia, South Asia and ANZ mengatakan, “Kami sangat senang dapat menghadirkan prosesor 13th Gen Intel® Core™ mobile terbaru kami hari ini di Indonesia, yang kini melengkapi keluarga prosesor 13th Gen kami, sehingga para gamer, kreator, dan enthusiast dapat mengalami kinerja berkaliber tinggi di semua segmen laptop. Kami juga bersemangat untuk memperkuat industri data center Indonesia yang sedang berkembang dan mengatasi kebutuhan komputasi berbagai perusahaan di sini dengan Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable terbaru, mulai dari kinerja dan efisiensi hingga keamanan dan keberlanjutan, karena Indonesia tengah mengakselerasi pengadopsian digital dan memenuhi meningkatnya kebutuhan terhadap layanan cloud.”

Ketersediaan Lokal

Prosesor mobile dan desktop 13th Gen Intel® Core™ kini tersedia untuk umum di Indonesia melalui peritel IT terkemuka di seluruh tanah air. Harga laptop yang ditenagai oleh 13th Gen Intel® Core™ mobile processor adalah mulai dari Rp10.000.000++.

4th Gen Intel® Xeon® Scalable Processor kini juga tersedia untuk para pelanggan di Indonesia melalui penyedia infrastruktur IT dan cloud setempat.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *