Marsha & Bangpen Berbagi Tips Merintis Karir Jadi Streamer

Banyak gamers di Indonesia yang bermimpi bisa jadi streamer terkenal. Memiliki penghasilan besar dari hanya bermain game dianggap sebagai pekerjaan impian anak muda masa kini. Namun, pekerjaan yang kelihatannya mudah itupun punya tantangannya tersendiri.

Misalnya, butuh kesabaran, konsistensi dan kerja keras untuk membesarkan kanal stream kalian apalagi kalau sebelumnya kamu bukan pro player atau tokoh esports/gamer terkenal. Belum lagi perlengkapan stream yang mahal mungkin membuat kamu ciut duluan. Eits tapi jangan khawatir, Marsha dan Bangpen punya tips merintis karir jadi streamer untuk kamu yang pemula.

AWAL KARIR STREAMING MARSHA & BANGPEN

Marsha dan Bangpen keduanya masuk dalam nominasi “Top Streamer Nimo TV”. Marsha dikenal karena konten Mobile Legends sementara Bangpen adalah pembuat konten PUBG Mobile dan banyak variasi lainnya.

Keduanya merasakan jatuh bangun membangun stream dan popularitas hingga seperti sekarang. Marsha mengatakan pernah dalam sekali livestream cuma ada 2000 viewers. Itu terjadi saat ia mengalami rentetan kekalahan di MPL. Fans-nya pun jadi kecewa dan meninggalkan Marsha.

Marsha yang memulai streaming di Nimo TV sejak 2019 menambahkan ia tak menyerah karena situasi tersebut. Ia terus berinovasi dalam kontennya untuk memancing penonton baru hingga kini rata-rata penontonnya mencapai 90.000 lebih viewers.

Tak jauh beda, Bangpen juga merasakan pasang surut menjadi streamer. Ia tak langsung meroket seperti karirnya saat ini. Bangpen sudah memulai membuat konten lain sebelum fokus pada video games. Ia bergabung di Nimo TV pada 2020 lalu dan merasa kalau engagement para viewers di Nimo TV sangat berbeda dengan platform stream lain.

Banyak fans yang sangat antusias menantikan para live streamer untuk tampil dan mengajak mereka nonton bareng. Bangpen bahkan merasa viewers Nimo TV bisa dikategorikan “fanatik”.

TIPS MERINTIS KARIR JADI STREAMER

Marsha mengatakan untuk memulai karir sebagai streamer, kalian harus memastikan punya skill bermain game (tak perlu jago) dan skill menghibur. Cara mengetahuinya adalah dengan menghibur orang0orang di sekitar kalian lebih dulu. Bisa dengan jadi pendengar atau teman bicara yang baik, suka membuat lelucon atau humoris atau kalian punya public speaking yang baik dan unik.

Sementara, untuk memulai stream kalian tak perlu banyak-banyak peralatan. Marsha mengatakan hanya membutuhkan HP atau smartphone. ” Pertama yang kalian butuhin sebenarnya cuman HP sih. Orang itu berpikir kalau lu mau livestreaming, lu harus punya komputer, elgato, webcam, itu kan modalnya lumayan besar. Alangkah baiknya kalian mulai dari HP dulu, ngobrol dengan viewer, hibur mereka” ucap Marsha.

Dari sana, ia berharap para perintis bisa berusaha konsisten, optimis dan sabar membangun channelnya. Ini dikarenakan untuk mencegah kalian keluar modal terlalu banyak tapi ternyata komitmen kalian menjadi streamer cuma angin lalu.

Selain itu, Bangpen menambahkan memulai dari modal seadanya mencegah kalian dari star syndrome. Sehingga kalian bisa merasakan kesusahan dan tahu pentingnya arti penggemar dan fans yang sudah setia menemani kalian saat dibawah.

“Kita bisa mulai dari hal kecil. Karena banyak banget orang mulai dengan modal besar, kemudian dia bingung, dia bosen, dia kecewa akhirnya ngga jadi streamer. Malah mulai hal kecil dia jadi tahu ketika besar dia ngga sombong” terang Bangpen.

Hal terpenting lainnya adalah aktif berinteraksi dan mengikuti tren. Misalnya mengikuti event MPL, PMPL atau event esports apapun agar menjalin hubungan dengan calon fans lain serta membuka wawasan.

Terakhir, kalian harus punya niat dan kerja keras. Sudah banyak contoh streamer sukses dan Bangpen serta Marsha yakin semua orang bisa menjadi streamer asal mengikuti tips tersebut.

Nah itu dia tips merintis karir jadi streamer dari Marsha dan Bangpen. Semoga bisa jadi inspirasi buat kalian ya!

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *