Pesang Mantan Pelatih Bigetron RA untuk yang Ingin Jadi Pro Player

Nama JangS sudah tidak asing lagi di kalangan komunitas PUBG MOBILE Indonesia. Pasalnya, pelatih asal Malaysia tersebut menjabat sebagai Head Coach Bigetron Red Aliens sampai akhirnya memutuskan untuk secara resmi berpisah darI Luxxy dkk. tepat 27 April 2022 kemarin.

Melalui wawancara singkat bersama PUBG MOBILE Indonesia, JangS membagikan pesan kepada para pemain PUBG MOBILE yang bercita-cita menjadi pro player, agar mempermudah mereka untuk dilirik dan direkrut oleh tim profesional.

PUNYA MAP AWARENESS

JangS berpendapat bahwa saat ini yang dicari oleh tim profesional bukanlah sekedar pemain yang ‘Jago Main PUBG MOBILE’ saja. Hal ini dikarenakan, saat ini semua pemain sudah punya kemampuan mikro di atas rata-rata.

Map knowledge/map awareness, ini menurut saya yang bisa dititikberatkan. Kalau mekanik rata-rata anak zaman sekarang udah ada semua, tinggal ke knowledge aja,” ungkap mantan pelatih Team Secret tersebut.

MENANAMKAN MENTAL JUARA

Pelatih yang sempat dianugerahi gelar ‘Pelatih Esports Terbaik Se-Asia Tenggara’ pada Super Gamefest 2020 tersebut juga menyebutkan, hal terpenting yang diperlukan oleh seorang pro player adalah mentalitas juara. Pemain dengan mentalitas seperti itulah yang diprioritaskan oleh tim-tim esports profesional.

Mentalitas (pemain) yang bakal direkrut itu versi saya lebih ke arah orang yang mau membantu timnya untuk juara, mentalitas yang memegang kepada kata-kata ’menang bareng kalah bareng’, karena at the end of the day its a team game,” sebut JangS.

TERUS BERUSAHA

Menjadi pro player memang termasuk salah satu impian para pecinta game PUBG MOBILE, namun banyak yang merasa impiannya tersebut terhalang oleh berbagai alasan, sebut saja jaringan internet dan perangkat yang kurang memadai.

Menurut JangS, hal tersebut bukanlah sebuah alasan untuk berhenti berusaha. Banyak pro player PUBG MOBILE yang telah menjadi bukti nyata, sebut saja 4Rivals Vokey, pemain yang bergelar juara 2022 PMPL MYSGPH Spring.

Di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Sebagai informasi, Vokey mengubah hidupnya dari tidak ada jaringan yang baik hingga bisa sampai saat ini dengan sering bermalam di MCD agar bisa mendapatkan jaringan wifi gratis. Selagi ada kemauan pasti akan ada cara!,” tegas JangS.

KUAT HADAPI TEKANAN

Banyak pengorbanan besar yang diberikan para pro player yang tidak diketahui oleh para penggemar, seperti harus meninggalkan keluarga, teman, dan bahkan pendidikan. Itulah mengapa tim profesional membutuhkan pemain yang tangguh dan pantang menyerah.

Menjadi pro player bukanlah hal yang mudah. Anda akan melalui beberapa fase seperti menyerah, juga tekanan perasaan dan pikiran. Anda akan mengorbankan banyak masa bersama keluarga atau teman-teman. Perjalanan karir di esports ini adalah sesuatu yang tidak instant. Sekali lagi jika anda mau, anda pasti bisa!,” ujar JangS.

Sebelum resmi berpisah dari Bigetron Red Aliens, JangS pun memberikan pesan khusus kepada komunitas PUBG MOBILE Indonesia, terutama bagi mereka yang bercita-cita ingin berkarir sebagai pro player.

Untuk teman-teman di luar sana, jangan menyerah! Ingat di setiap kemauan pasti ada jalan. Semoga kalian di luar sana bisa sukses. kuncinya adalah usaha,” tutup JangS.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *