gamerslife

Secercah Harapan, Steam dan Platform Lainnya Sedang Dalam Proses Pendaftaran PSE!

Setelah keputusan pemblokiran terhadap PayPal dan platform game terbesar yaitu Epic Games, Steam, Origin, dan Battlenet, yang menghebohkan warganet Indonesia pada 30 Juli 2022 kemarin, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membocorkan bahwa 3 dari 7 platform yang terblokir tersebut telah melakukan korespondensi, termasuk Steam, Dota 2 dan CS:GO.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pengerapan, mengungkap bahwa Steam telah menindaklanjuti pendaftaran kepada pemerintah Indonesia. Artinya, Steam akan segera dibuka kembali dalam waktu dekat setelah pendaftarannya rampung.

Mereka sedang proses. Mudah-mudahan dalam waktu dekat mereka bisa melengkapi, sehingga masyarakat pengguna game bisa memainkan kembali,” ungkap Semuel dalam konferensi pers virtual di 31 Juli 2022.

Ia juga kembali menegaskan bahwa para perusahaan IT yang hendak bergabung menjadi bagian dari ekosistem digital Indonesia tetap akan terhubung melalui komunikasi yang dibuka oleh pemerintah.

Dengan demikian, 7 platform yang diblokir meliputi Yahoo Search Engine, PayPal, Epic Games, Steam, DOTA 2CS:GO dan Origin, akan kembali dibuka setidaknya 4 platform yang dipastikan bergabung terlebih dahulu yaitu PayPal, Steam, DOTA 2, dan CS:GO.

Atas banyaknya berbagai masukan dan kritik dari berbagai pihak, salah satunya adalah pihak yang telah secara vokal mengungkap bahwa mereka merasa di rugi kan lantaran mayoritas menggunakan platform tersebut, Kominfo segera mengambil kebijakan yang tepat.

Ada 7 aplikasi yang diblokir, dan per pagi tadi kami sedang membuka PayPal untuk memberikan waktu ke masyarakat melakukan migrasi. Sehingga sekarang ada 6 yang masih diblokir,” ungkap Kominfo.

Meskipun telah dibuka untuk sementara, PayPal belum menjalin komunikasi lebih lanjut dengan pemerintah sejak berita ini dibuat. Sementara Yahoo, Epic Games, dan Origin, masih akan dilakukan komunikasi lebih lanjut oleh pemerintah untuk dapat menjadi bagian dari ekonomi digital RI.

Sumber: Esports ID

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *