Sony Perkenalkan “Mocopi”, Alat Tracking Anyar Khusus VTuber!

VTuber 3D kerap tertinggal dari rekan “2D” nya lantaran memiliki perbedaan signifikan dalam segi teknologi dan biaya. Namun, perangkat Mocopi anyar milik Sony akan menjadi game changer untuk motion tracking VTuber.

VTuber memiliki beragam bentuk, tetapi model 3D sedikit dan jarang. Meskipun beberapa streamer memiliki model 3D, tidak banyak streamer yang menggunakan teknologi full motion tracking dalam livestreaming nya. Para penggemar biasanya sering melihat full motion tracking di panggung konser VTuber besar seperti dari Kizuna AI, Hololive dan NIJISANJI. Tapi streaming run-of-the-mill telah berkembang pesat dengan model Live2D dan PNG.

Inovasi terbaru Sony yang bernama Mocopi ini digadang dapat menjembatani kesenjangan teknologi tersebut. Ini telah digembar-gemborkan dapat membuat model 3D lebih mudah diakses daripada sebelumnya.

Alat ini bekerja dengan cara memasangkan enam tracker ke bagian tubuh mereka yaitu kepala, dua lengan, pinggul, dan dua kaki. Motion tracking ini tergolong sangat ringan dengan berat yang hanya sekitar 8 gram saja. Tak hanya itu, Mocopi juga menyediakan tracking 3D yang relatif realistis dengan biaya yang lebih murah.

Sony saat inipun telah memasarkannya ke beberapa VTubers dengan aplikasi smartphone khusus yang memungkinkan pengguna merekam gerakan mereka ke model di dalam program. Ini kemudian dapat dikirim ke perangkat lunak eksternal seperti VRChat dan Unity.

Beberapa reaksi dari para VTuber dan agensi pun cukup positif tentang alat baru Sony ini. Salah satunya dari Chief Technical Officer VShojo “MowtenDoo” yang cukup kagum dengan kehadiran alat ini.

“Benar-benar mantap, kami kebanyakan menggunakan tracker tingkat perusahaan, tetapi ini menurunkan biaya masuk untuk mocap / 3D VTuber secara signifikan dan membuatnya lebih mudah diakses.” kata Chief Technical Officer VShojo ‘MowtenDoo’ di Twitter.”

“VTuber akhirnya bisa melakukan full body streaming di luar rumah mereka dengan teknologi ini? Bayangin kalian dapat menggunakannya untuk menari, olahraga, memasak, tidur, menyentuh rumput⁠— semua dengan avatar virtual Anda.”” kata streamer ‘Mao’.

Mocopi Sony diperkirakan akan dirilis pada akhir Januari 2023 seharga 49.500 Yen Jepang, atau sekitar $360 USD. Wah menarik yah!

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *